Pengertian :
Isro' dan Mi'roj adalah perjalanan Nabi SAW dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Al Quds. Sedangkan Mi'raj
ialah kenaikan Rasulullah SAW menembus lapisan langit tertingi, sampai
batas yang tidak dapat di jangkau oleh ilmu semua makhluk, malaikat,
manusia, dan jin, semua di tempuh sehari semalam
Hukum bagi kaum Muslim Mu'min
Wajib a'in setiap orang Islam meyakini, mengaqidahi sepenuh hati bahwa Isra' M'iraj
yang dialami oleh Nabi SAW adalah hak dan benar. Beliau dalam hal ini,
di lakukan dengan jasad dan ruh karena peristiwa ini adalah termasuk
mu'jizat bagi beliau. Demikianlah pandangam jumhur kaum Muslimin
Dasar peristiwa Isra' Mi'raj
1. Di sebutkan dalam QS Al-isra ayat1
سبحان الذىاسرىبعبده ليلامن المسجدالحرام الى المسجد الاقصاالذى باركناحوله لنريه من اياتنا انه هوالسميع البصير
Artinya : " Maha Suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada malam hari dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqso' yang telah kami berkahi sekelilingnya, agar kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran ) Kami. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar lagi Maha Melihat. (Q.S. Al –Isro ayat 1)
2. Disebutkan dalam sunan hadits diantaranya soheh Bukhori dan Muslim.
Disebutkan
bahwa dalam perjalanan ini Rosulullah menaiki Buroq yakni satu jenis
binatang kendaraan yang lebih besar sedikit dari keledai dan lebih kecil
sedikit dari unta. Disebutkan binatang ini berjalan dengan langkah
sejauh mata memandang dan disebutkan pula bahwa Nabi Muhammad SAW
memasuki Masjidil Aqso',
lalu sholat 2 rakaat didalamnya kemudian Jibril datang kepadanya seraya
membawa segelas khamr dan susu. Lalu beliau memilih susu Jibril lalu
berkata " Engkau telah memilih fitrah " dalam perjalanan ini Rosulullah
naik kelangit pertama, kedua, ketiga, keempat,dst, sampai kesidratul
muntaha. Disini beliau menerima wahyu dari Allah diantaranya adalah
solat lima waktu atas kaum muslim dimana pada awalnya sebanyak lima puluh kali didalam sehari semalam.
Waktu Peristiwa Isra Mi'raj
Ada perbedaan pandangan mengenai penetapan waktu terjadinya. Menurut riwayat Ibnu sa'id dalam Thobaqot
peristiwa ini terjadi pada delapan belas bulan sebelum hijrah dan yang
masyhur dikalangan kaum muslimin adalah 27 Rajab tahun kesepuluh dari nubuwah dan ini pandangan Al 'Alamah Al Manshurfary keadaan yang meliputi Nabi sebelum peristiwa Isra' Mi'raj. Peristiwa Isra Mi'raj
diawali dengan keadaan Nabi dalam kondisi yang terjepit. Kuatnya
tekanan dari musuh-musuhnya, kafir quraisy semakin hari semakin
menjadi-jadi. Kesewenangan – wenangan mereka kepada kaum muslimin,
terutama dari kalangan budak, penyiksaan dan penindasan selalu terdengar
dari telinga Nabi ditambah keadaan semakin berat dan memprihatinkan,
pada tahun kesepuluh dari bulan Rajab paman beliau Abu Thalib sebagai
tumpuan perlindungan dari pertentangan kaum musuh dipanggil oleh Allah.
Sayang memang sayang Abu Tholib
tidak ditakdirkan sebagai salah seorang beriman kepada Rosulullah
walaupun sudah berapa kali beliau mengajak kepadanya untuk mengucapkan
kalimat, "Laa ilaa ha illallah". Allah pun melarang beliau untuk
memohonkan ampunan kepada Allah untuknya karena musrik (At Taubah ayat
113). Meninggalnya Abu Tholib tentu menambah beban tersendiri bagi
beliau
Tidak lama kemudian istri beliau yang tercinta Ummul Mu'minin Sayyidah
Khotijah Al-Kubro pulang kerahmatullah kira-kira dua atau tiga bulan
setelah Abu Tholib meninggal dunia, tepatnya pada bulan Romadhan th
ke-10 dari nubuwwah pada usia ke 65 tahun dan beliau pada usia 50 tahun.
Tidak bisa dibayangkan betapa agungnya Sayyidah Khotijah ini. Pengorbanan beliau terhadap Islam tiada tara.
Dia selama seperempat abad mendampingi beliau dikala resah melindungi
beliau disaat kritis, menolong beliau dalam menebarkan risalah,
melindungi beliau dalam menjalankan jihad yang berat, rela menyerahkan
diri dan hartanya kepada beliau. Rosulullah bersabda tentang diri Sayyidah Khotijah,
dia beriman kepadaku dikala semua orang mengingkariku, dia mmbenarkan
dikala orang-orang mendustakanku menyerahkan hartanya dikala orang-orang
tidak memberikan kepadaku.
Tak pelak semenjak meninggalnya dua orang pelindung dan penolong bagi
jihad beliau ,orang-orang kafir quraisy semakin semangat menyakiti
beliau dari pada ketika mereka berdua masih hidup. Sampai ada diantara
mereka yang tiba-tiba mendekati beliau lalu menaburkan debu di atas
kepala beliau. Beliau masuk rumah dan debu-debu itu masih memenuhi
kepala lalu diantara putri beliau ( Fatimah Az-Zahroh
) bangkit untuk membersihkan debu-debu itu sambil menangis. Beliau
bersabda kepadanya," Tak perlu menangis wahai putriku karena Allah akan
melindungi bapakmu". Pada saat-saat seperti itu beliau juga bersabda,"
Aku tidak pernah menerima gangguan yang paling kubenci dari quraisy,
hingga Abu Tholib meninggal dunia".
Karena penderitaan yang bertumpuk-tumpuk pada tahun itu, maka beliau menyebutnya sebagai "Ammul Huzni" (tahun duka cita).
Penderitaan yang beliau rasakan tidak menyurutkan beliau untuk terus
mendakwahkan risalah Islam, menyebarkan agama Allah, walau sambutan
mereka dingin bahkan yang beliau terima adalah tanggapan sebaliknya,
cacian, cercaan, dan lemparan batu sering beliau alami. Kendati beliau
sudah mengalihkan dakwah
beliau
keluar negeri Makkah yaitu Thoif. Disanapun tidak jauh berbeda dengan
tanggapan dari penduduk Makkah. Ingin sebenarnya penulis menyampaikan
daerah-daerah mana atau kabilah-kabilah mana saja yang beliau disana
mengajak mereka untuk masuk Islam, akan tetapi uraian di atas hanya
sekilas menggambarkan kondisi beliau sebelum melakukan Isro' Mi'roj.
RIWAYAT SINGKAT ISRO' MI'ROJ
Selagi Nabi SAW berada dalam kondisi penderitaan dan kesedihan, dalam
perjalanan mendapatkan secercah keberhasilan ataupun tekanan,
Subhanallah, Mahasuci Allah dia berkenan untuk menunjukkan tanda-tanda
kebesaran-Nya kepada beliau dengan perjalanan beliau diwaktu malam dari
Masjidil Harom ke Masjidil Aqso yang disebut Isro' dan dilanjutkan
perjalanan ke langit lapis tujuh dan akhirnya di sidrotul muntaha yang
disebut dengan Mi'roj.
Meriwayatkan perincian secara sebenarnya, tidaklah mungkin di atas
kertas ini. Kami akan memaparkannya secara singkat berdasarkan pada para
imam hadist
Menurut
riwayat yang sohih, Rosulullah SAW diisro'kan dengan jasadnya dari
Masjidil Haram ke Baitul Maqdis dengan menaiki Buroq yang disertai
Jibril, lalu turun disana dan sholat mengimami para nabi lain. Sementara Buroq diikat pada tali pintu masjid.
Pada
malam itu juga dari Baitul Maqdis beliau naik ke langit dunia bersama
Jibril. .Jibril minta izin agar dibukakan pintu langit, maka pintu
langit dibuka baginya Ini langit lapis pertama. Disana beliau melihat Nabi Adam, bapak sekalian manusia. Beliau mengucapkan salam dan Nabi Adam pun menyambut kedatangan beliau, menjawab salam
dan menetapkan nubuwah beliau. Allah memperlihatkan roh-roh yang mati
sahid disebelah kanan dan roh-roh orang yang sengsara ada disebelah kiri
.
Kemudian
naik kelangit kedua disana beliau melihat Nabi Yahya bin Zakaria dan
Isa bin Maryam. Setelah bertemu beliau mengucapkan salam dan mereka menjawabnya, menyambut kedatangan beliau dan menetapkan nubuwah beliau
Kemudian
naik ke langit ke tiga bertemu dengan Nabi Yusuf naik ke langit empat
bertemu dengan Nabi Idris , naik kelangit ke lima bertemu dengan Nabi
Harun bin Imron dan naik langit ke enam bertemu bertemu dengan Nabi Musa
bin Imron dan naik langit ke tujuh bertemu dengan Nabi Ibrahim. Pada
setiap bertemu dengan para nabi tersebut beliau selalu mengucapkan salam untuk mereka dan mereka pun menjawab selam beliau dan menetapkan nubuwah beliau. Khusus saat bertemu dengan Nabi Musa, belau
melihatnya dalam keadaan menangis ketika beliau hendak berlalu
dengannya maka beliau bertanya mengapa engkau menangis? Nabi musa
menjawab, "Aku menangis karena ada seorang pemuda yang diutus sesudahku
yang masuk surga bersama umatnya dan lebih banyak dari pada umatku yang
masuk kesana".
Kemudian
beliau naik lagi ke Sidrotil Muntaha, lalu dibawa naik ke Baitul Makmur
kemudian dibawa naik lagi untuk menghadap Allah Yang Maha Perkasa dan
mendekat-Nya hingga jaraknya tinggal sepanjang dua ujung busur atau
lebih dekat lagi, lalu Allah mewahyukan apa yang diriwahyukan kepada
hambanya. Allah mewajibkan kepada beliau sholat 55 kali , beliau kembali
hingga bertemu Nabi Musa
"Apa yang diperitahkan kepadamu ", jawab beliau, "Sholat 55 kali".
"Sesungguhnya
umatmu tidak akan sanggup melakukanya kembalilah menemui Robb-mu dan
mintalah keringanan kepada-Nya bagi umatmu", kata Nabi Musa
beliau memandang kearah Jibril meminta pendapatnya, maka Jibril
mengisyaratkan dengan berkata " Itu benar jika engkau menghendaki".
Bersama Jibril
beliau naik lagi hingga menghadap Allah Yang Maha Perkasa, begitulah
yang disebutkan dalam riwayat Al-Bukhori dengan beberapa jalan
periwayatannya jumlah sholat yang dikurang sepuluh kemudian beliau turun
hingga bertemu Nabi Musa dan menyampaikan kabar kepadanya.
"Kembalilah lagi menemui Robb-mu dan mintalah keringanan kepada-Nya , begitulah beliau mondar-mandir menemui Nabi Musa dan Allah Azza wa Jalla , hingga sholat itu ditetapakan 5 kali.
Sebenarnya Nabi Musa
menjawab beliau untuk kembali lagi untuk menemui Allah dan meminta
keringanan, namun beliau bersabda, "Aku sudah malu kepada Robbku aku
sudah ridlo dan menerimanya.
Sholat yang pertama kali beliau kerjakan selepas peristiwa Isro' Mi'roj adalah Sholat Dhuhur setelah waktu paginya diajari oleh Malaikat Jibril.
Beberapa peristiwa yang perlu dicatat dalam perjalanan Isro' Mi'roj di antaranya :
- Nabi Muhammad SAW melihat Jibril dalam rupa aslinya di Sidrotil Muntaha
- Beliau dibelah dadanya untuk yang kedua kalinya.
- Beliau ditawari susu dan khomer, lalu beliau memilih susu, lalu dikatakan kepada beliau, "Engkau telah mendapat fitrah jika engkau memilih khomer engkau akan menyesatkan umatmu".
- Beliau melihat 4 sungai di surga, dua sungai yang tampak, ada 2 yang sungai tidak tampak, 2 sungai yang tampak itu ada sungai nil dan efrat yang penduduknya akan menjadi pengemban Islam dari satu generasi ke generasi setelahnya bukan berarti air kedua sungai itu berasal dari surga.
- Beliau melihat malaikat penjaga neraka yang tidak pernah tersenyum dan wajahnya tidak ada kegembiraan dan keceriaan beliaupun melihat surga dan neraka.
- Beliau melihat orang-orang mengambil harta anak yatim sewenang-wenang yang mempunyai bibir seperti onta mereka mengambil sepotong api dari neraka langsung dari bibirnya itu lalu api itu keluar dari dubur-duburnya .
- Beliau melihat orang-orang suka mengambil riba mereka mempunyai perut yang membesar sehingga tidak bisa beranjak dari tempatnya, kemudian para pengikutnya Fir'aun melewati mereka takkala digiring ke neraka lalu mereka melemparkan orang-orang yang mengambil riba ini ke neraka.
- Beliau melihat para pezina yang membawa daging berminyak yang baik ditangannya dan disebelahnya ada daging yang jelek dan busuk mereka malah mengambil daging yang busuk itu dan membiarkan yang baik.
- Beliau melihat para wanita yang suka memasuki tempat tinggal orang laki-laki yang bukan anak-anaknya ,beliau melihat para wanita itu bergelanyutan pada payudaranya .
- Beliau melihat kafilah dari penduduk Makkah dalam bepergian dan kepulangannya beliau menunjukkan seekor onta milik mereka yang terlepas dan beliau minum air mereka dibejana yang tertutup selagi mereka sedang tidur, lalu meninggalkan bejana itu tetap dalam keadaan tertutup ini merupakan bukti kebenaran pernyataan beliau yang disampaikan esok harinya setelah Isro' Mi'roj.
Referensi
- Sirah Nabawiyyah karya : Syaikh Syafiyyurrhman Al-Mubarakfury
- Sirah Nabawiyyah karya : Dr. Muhammad Said Ramadlan Al-Buthy.
- I'anah At-Tholibin karya Al-`Alamah Abu Bakar Ad-Dimyaty
- Tanwirul Qulub karya As-Syaikh Muhammad Amir Al-Kurdy
Tidak ada komentar:
Posting Komentar